BELAJAR SKILL SENI DI SMKN 58 JAKARTA

Tidak banyak sekolah Menengah Kejuruan (SMK) yang memiliki jurusan seni sebagai program pembelajaran. Namun di SMKN 58 Jakarta, para pelajar yang memiliki minat di bidang seni bisa mencurahkan kreativitas mereka.

Terdapat sejumlah jurusan yang ditawarkan di sekolah ini. Salah satunya adalah jurusan kerajinan kayu. Para siswa jurusan ini menghasilkan sejumlah karya seni dari bahan utama kayu seperti tempat tisu, set kursi hingga berbagai mainan edukasi.

Selain itu ada juga jurusan tekstil. Para siswa diajari keterampilan menjahit, menenun dan membuat batik. Semua proses pembuatan dilakukan sendiri oleh siswa sejak awal.

“Jadi dari membuat motif, sampai selesai dikerjakan sendiri. Waktunya tiga hari untuk bisa selesai,” ungkap Ratna, salah satu siswi jurusan tekstil kepada Okezone di SMKN 58 Jakarta, Selasa (28/4/2015).

Tahun lalu, sekolah ini juga menawarkan jurusan melukis. Tidak hanya itu, siswa juga bisa belajar tentang kerajinan logam dan menghasilkan berbagai peralatan rumah tangga seperti kursi goyang. Hasil karya logam lainnya juga berupa perhiasan cantik yang dipajang dalam lemari kaca.

Fasilitas setiap jurusan di sekolah ini bisa dikatakan lengkap. Di kelas tekstil, misalnya, memiliki banyak alat untuk menenun.

Menurut kepala sekolah SMKN 58 Jakarta, Linda Rohmaul Siregar, karya produksi siswa mereka dialokasikan ke beberapa keperluan.

“Hasil penjualan dari karya tersebut 50 persen dikelola jurusan, 30 persen untuk sekolah dan 20 persen menjadi modal. Karena kami juga butuh modal untuk terus menghasilkan karya ini,” ujar Linda.  (rfa)

sumber: https://news.okezone.com/read/2015/04/28/65/1141298/belajar-skill-seni-di-smkn-58-jakarta

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *